Waktu SMA, sama sekali nggak pernah kepikiran di otak saya buat jadi sekretaris, baik itu sekretaris kelas atau sekretaris yang lain. Kaya'nya nggak mungkin banget orang amburadul dan nggak rapi kaya' saya jadi juru tulis yang identik sama keteraturan dan kerapian.
Ada beberapa alasan kenapa waktu itu saya mikir impossible buat jadi sekretaris. Pertama, tulisan saya nggak bagus-bagus banget, bahkan cenderung jadi tulisan cakar ayam kalo pas lagi buru-buru. Terbukti dari buku catetan sekolah saya yang nggak pernah rapi dan lompat-lompat. Dua, saya ngaku kalo saya adalah Miss Procrastination (orang yang suka nunda pekerjaan) karena saya orangnya juga cenderung santai, jadi saya kadang masih suka mikir "nanti dulu deh" atau "dikerjain nanti aja juga bisa kok". Tiga, saya kurang suka kerja yang semuanya serba cepet dan beres. Bakalan stress banget saya pasti kalo harus kerja macem itu. Gitu pikiran saya waktu itu.
Belum lagi ditambahin sama daddy.
"Kerja sekretaris itu begini...kerja sekretaris itu begitu... Pokoknya dari ketua, wakil ketua, sekretaris sama bendahara itu yang paling berat kerjane ya sekretaris. Misal ada event atau apa, yang paling awal kerja tu mesti sekretaris. Nyatetin, nyiapin semuanya sampe hari-H, mastiin event itu sukses, ngontak orang-orang yang akan terlibat, ngurus administrasi kaya' ngetik sama ngasihke surat, belum bikin proposal sama laporan-laporan. Wis...pokoknya paling repot jadi sekretaris, de'."
Praktis, dari omongannya daddy itu saya jadi makin "takut" dan nggak kepikiran bakalan jadi sekretaris. Saya kan juga termasuk orang yang ogah repot. Maunya kerja tu yang masih bisa nyantai, yang nggak bikin stress. Jadi, sekretaris bener-bener bukan jadi aktivitas atau kegiatan pilihan saya.
Semua alasan itu, termasuk ketakutan saya akan kerja sekretaris yang kelewat berat seakan "dilawan" waktu saya ditunjuk jadi sekretaris di karang taruna lingkungan rumah saya. Bulan April taun 2011, saya ditunjuk jadi sekretaris yang baru. Waktu itu saya udah say no, nggak mau, karena alasan-alasan yang udah saya sebutin tadi, tapi ketuanya ngeyel, tetep keukeuh mau saya jadi sekretaris. Saya tanya alasannya, kenapa milih saya, padahal masih ada anggota lain (yang sialnya waktu itu nggak ada yang mau ngajuin diri)? Jawabannya enteng banget dan menurut saya nggak masuk akal waktu itu, "Soalnya Mbak Nana kan disini satu-satunya yang kuliah, yang lainnya masih SMP-SMA. Pasti udah lebih berpengalaman masalah kaya' ginian, apalagi kuliahnya di bidang bahasa juga, kan?"
To be honest, waktu itu saya mbatin, "Alasan macam apa itu?". Oke, saya akuin di lingkungan rumah saya waktu itu yang kuliah cuma (atau baru) saya, tapi emang kaya' gitu bisa dijadiin alasan buat jadiin saya sekretaris? Saya emang kuliah di bidang bahasa, tapi kan bahasa Inggris. Nggak ada tuh mata kuliah "cara menjadi sekretaris yang baik" di kuliah saya. Mau saya protes lagi, tapi ketuanya udah nggak mau tau dan mukanya udah melas, hopeless gitu gara-gara nggak ada kandidat lain. Ya udah, akhirnya saya iyain dan "jatuhlah" 2 buku "ajaib" yang harus dibawa sekretaris tiap kali karang taruna. Satu buku absen, satu buku buat nyatet notulen.
Sebenernya tugas saya jadi sekretaris di karang taruna itu gampang. Cuma nyatet notulen tiap kali pertemuan sama nulis absen anggota. Itu doank. Serius. Harusnya ada satu tugas lagi, bikin undangan, tapi tugas itu diserahin ke bendahara biar sekalian fotocopy gitu. Enteng banget sebenernya, tapi saya masih belum ngerasa enjoy jadi sekretaris karang taruna sampe sekarang. Nggak tau kenapa. Apa gara-gara waktu nerima kerjaan ini saya juga setengah hati, jadi sampe sekarang saya juga masih setengah hati ngejalaninnya? Atau gara-gara saya emang nggak punya passion sama kegiatan ini sendiri karena kegiatannya juga boring. Yang dibahas cuma itu-itu aja dan yang paling bikin males, ngaretnya itu lho. Di undangan tercetak mulai jam setengah 8 malem, tapi pasti jam 8 seperempat atau hampir setengah 9 gitu baru mulai. Jatah jam 9 kelar, ngaret lagi sampe jam 10 deh akhirnya. Pernah protes sama ketuanya, tapi nggak digagas. Malah ketuanya sendiri yang datengnya suka ngaret. Cape' deh... -___-
Pertengahan tahun 2011, saya diminta sama Mbak Dian buat (lagi-lagi) jadi sekretaris di Reader's Theater gantiin posisinya karena dia naik pangkat (cieee...) jadi koordinator. Waktu itu saya mikir lagi, "Lhah, kok jadi sekretaris lagi? Perasaan saya nggak ada muka-muka jadi juru tulis deh." Cuma nggak tau kenapa, kali ini saya malah excited waktu ditunjuk jadi sekretaris, udah nggak males-malesan kaya' waktu saya ditunjuk jadi sekretaris karang taruna. Mungkin karena saya mikir, "Ini langkah awal buat aktif di kegiatan kampus, nih. Nggak boleh disia-siain." Saya minta waktu bentar buat mikir sebelum akhirnya saya say yes jadi sekretarisnya Mbak Dian. Resmi deh saya jadi sekretaris sejak bulan September 2011 yang tugasnya ngurusin proposal, absen, LPJ, bikin surat, termasuk nguber-nguber orang "atas" buat minta tanda tangan kalo dibutuhin di proposal, surat, atau LPJ.
Di bulan yang sama, untuk ketiga kalinya saya kepilih jadi sekretaris di event Leadership Training. Koordinatornya Kak Ara tuh. Memang sebelum kepilih, saya ikut interview dulu di bursa panitia Leadership Training sekitar bulan Juni-Agustus (saya lupa tepatnya kapan). Lagi-lagi saya kaget karena saya kok kepilihnya jadi sekretaris (lagi), padahal waktu interview saya daftarnya jadi food provider a.k.a sie.konsumsi. Memang di pilihan keduanya saya daftar jadi sekretaris sih, tapi aslinya kan saya pengennya jadi sie.konsumsi. Muka-muka saya kurang meyakinkan jadi sie.konsumsi kali, ya? Haha...
Ya udah, akhirnya di kampus saya jadi sekretaris rangkap, di Reader's Theater sama Leadership Training. Bener-bener waktu itu saya ngerasain gimana repotnya jadi sekretaris 2 kegiatan penting. Belum lagi repotnya kuliah yang jumlah SKS-nya udah 21 SKS sendiri. Apalagi Leadership Training yang diadain akhir bulan November sampe awal Desember, padahal panitia baru kebentuk akhir September. Praktis, semua harus serba cepet, tapi saya juga tetep harus fokus kuliah (walopun ujung-ujungnya kuliah saya tetep agak "jatuh" juga, sih T.T) Rapat perdana, saya udah ditugasin mulai nyicil proposal dan segala macem. Untung kali ini saya nggak kerja sendirian. Ada sekretaris lain yang bantu saya. Kita kerja bareng, sampe akhirnya event itu sukses.
Kelar di Leadership Training, saya fokus lagi ke Reader's Theater, bikin proposalnya, karena jujur, selama saya megang Leadership Training saya jadi neglect Reader's Theater karena bener-bener Leadership Training butuh fokus dan harus serba cepet. Saya ngaku saya masih ngelakuin banyak kesalahan dan saya kerepotan banget bagi waktu antara Leadership Training sama Reader's Theater karena saya masih baru dan masih belajar jadi sekretaris dengan segala macem keribetan prosedur masalah proposal dan surat menyurat. Tapi justru dari situlah, saya nemuin "sesuatu" yang bisa saya jadiin pelajaran di kemudian hari kalo jadi sekretaris lagi.
Kenapa saya kemarin bisa neglect Reader's Theater? Selain karena saya masih baru dan masih kurang ngerti sama prosedur jalannya ngajuin proposal, alasan lain ya karena kebiasaan jelek saya suka nunda-nunda pekerjaan itu tadi. Kasarannya, waktu saya habis banyak di Leadership Training sampe nggak punya waktu ngurus Reader's Theater. Saya waktu itu mikirnya, "ah cuma edit trus revisi trus print trus minta tanda tangan ini kok, besok kan ya masih bisa. Acaranya juga masih lama". Whoops...ternyata saya salah banget, sodara-sodara... Hari cepet banget ganti jadi minggu, cepet juga ganti bulan (padahal kita cuma punya persiapan 2 bulan). Sering tuh saya, saking nggak telitinya, berulang kali salah print. Entah tanggal, entah kata yang nggak cetak miring, atau apapun deh yang saya sepelein dan saya anggep "kecil". Trus juga, yang masalah revisi. Harusnya revisi 2 kali, saya malah cuma revisi 1 kali. Begitu tau revisi masih sekali, ditegur lagi, suruh revisi lagi. Yang paling parah adalah waktu minta tanda tangan orang-orang penting di proposal. Tanda tangannya sih sebentar ya, semenit nggak ada, tapi birokrasi buat ketemu sama orangnya itu yang susah. Ya tau sendiri kan, kalo orang-orang penting kan kerjaannya banyak, nggak cuma stuck di 1 tempat juga. Kadang di-SMS pagi, balesnya sore. Janjian ketemu jam segini, ngaret sampe berjam-jam. Haduuhh...bener-bener waktu itu kesabaran saya diuji. Pernah juga waktu itu, saking jengkelnya karena bolak-balik kerjaan saya nggak beres-beres, saya sampe marah-marah sendiri, hehe...
Memang bener kalo ternyata kerja sekretaris itu beratnya minta ampun (saya bilang gitu karena standarnya saya sendiri, mungkin kalo orang lain beda), apalagi kalo baru pertama kali dan sebelumnya nggak punya pengalaman apa-apa. Kerja sekretaris itu dari awal, tengah, sampe akhir. Nah...dari pengalaman di atas waktu kerja di Leadership Training itu saya bisa belajar, kalo saya udah disuruh "ini" atau "itu", selesai disuruh saya udah harus mulai ngerjain. Jangan buang-buang waktu. Biar apa? Biar kerjaan saya nggak makin numpuk, saya nggak makin stress, dan saya juga masih punya waktu buat ngelakuin kerjaan yang lain karena setelah selesai disuruh sama satu kerjaan, nggak mungkin nggak ada kerjaan lain yang nyusul.
Sekarang udah agak mendingan. Walopun tulisan tangan saya (tetep) jelek, tapi at least sekarang saya udah nggak cenderung jadi Miss Procrastination lagi dan sekarang saya malah tiap kerja pengennya cepet-cepet kelar dan beres :) Saya juga udah mulai enjoy kerja jadi sekretaris (di kampus, yang di karang taruna masih tetep belum enjoy sih).
Jadi, dari pengalaman-pengalaman itu, besok-besok (kalo misalnya) saya jadi sekretaris (lagi) di dalem lingkungan kampus, saya nggak akan shocked berat karena saya udah ngerti prosedurnya gimana, udah ngerti sistem kerjanya harus kaya' gimana, udah ngerti gimana ngatasin masalah-masalah yang biasa terjadi selama kerja, de el el. Tips paling penting buat seorang sekretaris (menurut saya) adalah:
"JANGAN BUANG-BUANG WAKTU
APA YANG BISA DIKERJAKAN SEKARANG, KERJAKAN!
JANGAN TUNGGU SAMPE BESOK HANYA KARENA DEADLINE YANG MASIH JAUH"
Yah...sekiranya tulisan saya ini yang (sepertinya) terlalu panjang juga bisa jadi inspirasi buat semuanya yang mampir ke blog saya, hehehe...
-chandni-
No comments:
Post a Comment